Rabu, 02 September 2015

Teknik Informatika


      Teknik Informatika
Mungkin bagi kebanyakan orang jurusan ini sudah tidak asing lagi. Karna ini termasuk jurusan yg paling di incer sama berbagai kaum muda. Dalam bahasa gaulnya udah terlalu mainstream. Tapi apa kalian ngerti apa sih inti dari jurusan ini? Yuk kita pelajari lebih lanjut.


Jadi, menurut wikipedia yg ada di mbah google itu :

Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.




Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Di jurusan informatika ini teman-teman akan diajarkan tentang pemrograman yang meliputi sistem informasi, jaringan, multimedia, dan rekayasa perangkat lunak, sesuai dengan konsentrasi yang diambil. Jadi mayoritas mata kuliahnya mengenai bahasa pemrograman dan tiap hari bergelut dengan kode-kode program.

Walaupun kelihatannya susah, sebenarnya kalo kalian mau belajar, pasti akan mudah kok. Jadi jangan takut dulu karna gak bisa bahasa program, ataupun hitung-hitungan.

Karna jika kalian berhasil di bidang ini, banyak sekali loh keuntungan yg bisa kalian dapatkan. Contohnya :

Anda akan menguasai segala hal tentang komputer, dan ini akan memudahkan kalian jika melamar kerja dimanapun itu. Karna pada dasarnya, perusahaan-perusahaan sekarang pasti memerlukan orang yg bisa menggunakan komputer.
Anda tidak hanya dituntut untuk bekerja di sebuah perusahaan, tapi anda bisa membuka usaha sendiri, seperti membuka toko komputer, layanan servis komputer, dan lain-lain.
Dan yang pastinya, anda tidak akan pernah ketinggalan jaman alias jadi anak gaul, karna anda selalu mengikuti perkembangan yang ada hehe :D
Mungkin itu saja inti dari jurusan informatika. Karna setiap jurusan pastilah mempunyai sisi positif dan negatif. Semoga bermanfaat yaaaaa~

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar